15 Kiat Menulis Philip Roth: Stuck? Pergi jalan-jalan

15 Kiat Menulis Philip Roth: Stuck? Pergi jalan-jalan

— Sungguh, menulis adalah bidang pekerjaan yang mengerikan

Philip Milton Roth adalah salah satu penulis AS yang paling banyak mendapatkan penghargaan pada generasinya: buku-bukunya dua kali meraih Penghargaan Buku Nasional, dua kali meraih penghargaan Lingkaran Kritikus Buku Nasional, dan tiga kali meraih Penghargaan PEN/Faulkner. Roth meraih Penghargaan Pulitzer untuk novel American Pastoral yang menampilkan salah satu dari karakter terkenalnya, Nathan Zuckerman. The Human Stain (2000), novel Zuckerman lainnya, meraih Penghargaan Sastra WH Smith di Britania Raya. Pada 2001, Roth mendapatkan Penghargaan Franz Kafka.

Lima novel dan cerita pendek Philip Roth diadaptasi menjadi film diantaranya adalah Goodbye, ColumbusPortnoy's ComplaintThe Human StainThe Dying Animal yang diadaptasi menjadi film Elegy; dan The Humbling. Pada tahun 2014 pembuat film Alex Ross Perry membuat Listen Up Philip, yang dipengaruhi oleh karya Roth. HBO mendramatisasi Roth's The Plot Against America pada tahun 2020 sebagai seri enam bagian yang dibintangi oleh Zoe Kazan, Winona Ryder, John Turturro, dan Morgan Spencer.

Berikut adalah beberapa wawancara Roth, dirangkum oleh Emily Temple, tentang seni menulis:

Belajar bagaimana duduk diam

“Menulis bukanlah sebuah pekerjaan keras, melainkan sebuah mimpi buruk. Penambangan batu bara adalah kerja keras. Tapi menulis adalah mimpi buruk. . . . Ada ketidakpastian luar biasa yang tertanam dalam profesi ini, keraguan muncul terus-menerus yang menjangkiti Anda dalam beberapa hal. Seorang dokter yang baik tidak sedang berjuang dengan pekerjaannya. Di sebagian besar profesi ada awal, tengah, dan akhir. Dalam menulis, semua selalu dimulai lagi dari awal. Secara temperamen, kita membutuhkan kebaruan itu. Ada banyak pengulangan dalam pekerjaan ini. Faktanya, satu skill yang dibutuhkan setiap penulis adalah kemampuan untuk duduk diam dalam ketidaksibukan.”
–as quoted in Daily Rituals by Mason Currey

Cari masalah

Yang paling penting tidak di sana sama sekali [di awal]. Maksud saya bukan solusi untuk masalah, melainkan masalah itu sendiri. Anda mencari, saat Anda mulai, untuk apa yang akan melawan Anda. Anda mencari sebuah permasalahan. Terkadang di awal muncul ketidakpastian bukan karena sulit menulisnya, melainkan karena tidak terlalu sulit. Kelancaran bisa menjadi tanda bahwa tidak ada yang terjadi; kelancaran sebenarnya bisa menjadi sinyal saya untuk berhenti, sementara berada dalam kegelapan dari kalimat ke kalimat adalah apa yang meyakinkan saya untuk melanjutkan.

Jika Anda menulis setiap hari, pada akhirnya Anda akan memiliki sebuah buku

Saya tidak dapat menjelaskan fakta bahwa ada serangkaian buku yang rilis secara teratur dari saya. Saya bekerja hampir setiap hari dan jika Anda bekerja hampir setiap hari dan Anda menyelesaikan setidaknya satu halaman sehari, maka pada akhir tahun Anda memiliki 365 halaman.

Pilih sudut pandang Anda dengan hati-hati

Bagaimana rasanya melihat melalui mikroskop, ketika Anda mengatur fokus? Semuanya tergantung pada seberapa dekat Anda ingin membawa objek telanjang ke mata telanjang. Dan sebaliknya. Tergantung pada apa yang ingin Anda perbesar, dan untuk kekuatan apa.

Belajar mengedit sendiri

Bagian dari menjadi seorang penulis adalah mampu membaca apa yang Anda tulis dan melihat apa yang terlewat, melihat apa yang perlu dikembangkan, melihat apa yang disarankan oleh apa yang Anda tulis. Ini seperti trampolin. Anda tahu, Anda melompat-lompat sepanjang naskahmu, dan setiap lompatan adalah sebuah ide.

Tulis apa yang cocok untuk ceritanya (atau untuk Anda)

Anda pergi dengan apa yang hidup. Dua ribu halaman narasi dan enam baris dialog mungkin hanya sebuah karcis untuk satu penulis, namun dua ribu halaman dialog dan enam baris narasi mungkin adalah solusi untuk yang lain.

Kerjakan kalimat demi kalimat

Memecahkan masalah buku yang Anda tulis selalu membutuhkan kerja keras, meski kemajuan Anda seperti siput. Bahkan jika Anda menulis buku dalam dua tahun, kadang-kadang Anda mendapatkan satu halaman sehari, kadang-kadang Anda tidak mendapatkan halaman … setiap kalimat menimbulkan masalah, dan pada dasarnya apa yang Anda lakukan adalah menghubungkan satu kalimat ke kalimat berikutnya. Dan Anda menulis sebuah kalimat dan Anda harus mencari tahu apa yang terjadi selanjutnya atau apa yang tidak terjadi selanjutnya.

Buat terasa nyata

[Saya menghabiskan waktu berbulan-bulan] melihat manuskrip dan berkata, “Ini salah—tapi apa yang salah?” Saya bertanya pada diri sendiri, “Jika buku ini adalah mimpi, ini mimpi tentang apa?” Tetapi ketika saya menanyakan ini, saya juga mencoba untuk percaya pada apa yang telah saya tulis, untuk melupakan bahwa itu adalah tulisan dan untuk mengatakan, "Ini telah terjadi," meskipun sebenarnya tidak. Idenya adalah untuk memahami penemuan Anda sebagai kenyataan yang dapat dipahami sebagai mimpi. Idenya adalah untuk mengubah daging dan darah menjadi karakter sastra dan karakter sastra menjadi daging dan darah.

Stuck? Pergi jalan-jalan

Jika saya stuck, dan saya sering stuck, saya berjalan keluar pintu dan saya pergi ke hutan. Saya berjalan-jalan selama 10 menit, dan saya kembali dan mencoba lagi.

Jangan menghindar dari kesulitan

John Berryman mengatakan bahwa bagi seorang penulis, siksaan berat apa pun yang tidak membunuhnya adalah sesuatu yang luar biasa. Fakta bahwa siksaan berat tersebut akhirnya membunuhnya tidak membuat apa yang dia katakan salah.

Tulislah apa yang Anda ketahui, tetapi tidak hanya apa yang Anda ketahui saja

Tentu saja, Anda mengandalkan pengalaman Anda, tetapi sebagai sounding board. Bukannya Anda menuliskan apa yang terjadi pada Anda setiap hari—Anda tidak akan menjadi penulis jika Anda melakukannya. Tetapi memberi Anda perasaan, Anda tahu, dari pengalaman Anda seperti apa hidup itu, dan Anda menimbang apa yang Anda ciptakan dengan perasaan aktualitas Anda.

Coba psikoanalisis

Jika saya tidak dianalisis, saya tidak akan menulis Portnoy's Complaint sebagaimana saya menulisnya, atau My Life as a Man sebagaimana saya menulisnya, dan The Breast tidak akan menyerupai dirinya sendiri. Saya juga tidak akan menyerupai diri saya sendiri. Pengalaman psikoanalisis mungkin lebih berguna bagi saya sebagai penulis daripada sebagai neurotik, meskipun mungkin ada perbedaan yang salah di sana. Ini adalah pengalaman yang saya bagikan dengan puluhan ribu orang yang bingung, dan apa pun yang kuat dalam domain pribadi yang menghubungkan seorang penulis ke generasinya, ke kelasnya, hingga saat ini, sangat penting baginya, asalkan setelah itu ia mampu berpisah dengan dirinya sendiri untuk menjelajahi pengalaman secara objektif, imajinatif, di klinik menulis.

Anda akan mulai dari awal setiap saat, tapi itu tidak masalah

Anda memulai setiap buku sebagai seorang amatir dan sebagai orang bodoh. Dan dalam proses menulis, Anda akan menemukan buku itu. Tentu saja, Anda yang bertanggung jawab atas buku tersebut. Tetapi secara bertahap dengan menulis kalimat demi kalimat, buku itu, seolah-olah, mengungkapkan dirinya melalui bahasa Anda.

Ubah dirimu menjadi orang lain

Semua ini seperti seni peniruan, bukan? Itulah hadiah novelistik yang fundamental. . . . Pasti ada kesenangan dalam pekerjaan ini, dan hanya itu. Pergi berkeliling dengan menyamar. Memerankan sebuah karakter. Menukarkan diri sendiri dengan apa yang bukan. Berpura-pura. Penyamaran yang licik. . . . Anda tidak perlu, sebagai penulis, harus meninggalkan biografi Anda sepenuhnya untuk terlibat dalam tindakan peniruan identitas ini. Mungkin lebih menarik jika Anda tidak melakukannya. Anda mendistorsinya, membuat karikaturnya, memparodikannya, Anda menyiksa dan menumbangkannya, Anda mengeksploitasinya—semuanya untuk memberikan biografi dimensi yang akan menggairahkan kehidupan verbal Anda.

… atau berhenti sekarang

Saya akan berhenti jika jadi Anda. Sungguh, ini adalah bidang pekerjaan yang mengerikan. Hanya berisi penyiksaan. Buruk sekali. Anda terus menulis dan menulis, dan Anda harus membuang hampir semua tulisan karena tidak ada yang bagus. Saya menyarankan untuk berhenti saja sekarang. Anda tidak ingin melakukan ini terus menerus pada diri Anda. Itu saran saya untuk Anda.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Mau Tulisanmu Kami Muat?

Kami menerima naskah cerpen, puisi, cerita anak, opini, artikel, resensi buku, dan esai

Cerpen

Cerpen – Skandal Jepit

“Anak-anak diingatkan, Bu! Biar gak jahil sama temannya, diajarkan etika, Bu! Ajarkan juga kalau mencuri itu dosa,” lanjutnya, dia terus mendikteku, menginterogasiku,

Read More »

Similar Posts